Selasa, 06 April 2010

kumpulan soal sejarah

Ujian Akhir Sekolah
Tahun 2003
Sejarah

UAS-SMA-01
Pembuatan alat-alat dari batu yang masih kasar para ahli sejarah menduga bahwa kebudayaan tersebut peninggalan manusia jenis ...
A. Pithecantropus
B. Megantropus
C. Homosapiens
D. Horaosoloensis
E. Manusiapurba
UAS-SMA-02
Pembagian kasta dalam masyarakat Hindu didasarkan kepada ...
A. ciri-ciri fisik
B. kelahiran dalam kasta kelauarga
C. status perkawinan
D. tempattinggal
E. tingkat penguasaan kitab Weda
UAS-SMA-03
Dua ilmuwan yang dianggap "Bapak Ilmu Sejarah" Yunani adalah …
A. Archimides - Thales
B. Hipocrates - Pytagoras
C. Heradutus - Thucydides
D. Socrates - Plato
E. Hipocrates - Thucydides
UAS-SMA-04
Beberapa teori tentang masuknya Hindu-Budha ke Indonesia, di antaranya pendapat Van Leur, bahwa Hindu-Budha masuk ke Indonesia dibawa oleh ...
A. para Brahmana
B. para Ksatria
C. para pedagang
D. para Sudra
E. para pedagang dan Sudra
UAS-SMA-05
Pada masa pemerintahan Pangeran Trenggono, Demak berhasil menguasai Banten dan Cirebon dengan tujuan ...
A. menghalangi pengaruh Portugis di Malaka
B. menciptakan koloni
C. menguasai daerah pantai untuk perdagangan
D. menahan serangan Khubilai Khan
E. memindahkan pusat kekuasaan
UAS-SMA-06
Beberapa akibat kedatangan bangsa Eropa ke dunia timur di bawah ini, kecuali ...
A. usaha menyebarkan agama Nasrani
B. ingin membuktikan teori dari Paus
C. adanya semangat penjelajahan dunia
D. tersebarnya kebudayaan Eropa
E. perpindahan penduduk ke daerah penghasil emas
dan perak

UAS-SMA-07
Tujuan diadakannya politik ekonomi Markantilisme …
A. mengembangkan perdagangan dan pelayanan
B. mencari daerah untuk pelemparan hasil industri
C. melakukan politik perdagangan melalui taktik
devide et impera
D. melakukan perdagangan bebas
E. mencari sebanyak-banyaknya logam mulia berupa
emas dan perak ke dalam kas negara
UAS-SMA-08
Raja Louis XIV sebelum terjadinya Revolusi Perancis mengeluarkan slogan ...
A. L'etats c es moi
B. Leberstraum
C. Liberte, egalite, fretemite
D. San Min Cu I
E. ViniVidiViei
UAS-SMA-09
Salah satu yang turut mempercepat Revolusi Perancis adanya buku yang berjudul "cont ract sosial" hasil karya ...
A. Voltaire
B. Montesquieu
C. Jean Jasques Rousseau
D. JohnLocke
E. John Toland
UAS-SMA-1
Salah satu pemimpin direktoire di Perancis yang terkenal ...
A. Raja Louis XIV
B. Raja Louis XVI
C. Robespierre
D. Napoleon Bonafarte
E. Rajo Louis XIII
F. John Toland
UAS-SMA-11
Beberapa dampak adanya Revolusi Industri di Inggris, kecuali ...
A. rendahnya upah buruh yang menimbulkan
pertentangan antara buruh dan majikan
B. berkembangnya kota industri yang melahirkan
kelas buruh, banyaknya penggunaan mesin
menimbulkan pengangguran
C. lahan pertanian yang diubah menjadi lahan industri
D. para petani yang semula bekerja di lahan pertanian
milik para bangsawan menjadi kehilangan
pekerjaan
E. adanya kota-kota industri telah turut
menyejahterakan kaum buruh dan majikan

UAS-SMA-12
Untuk mengukuhkan pertahanannya Portugis membuat benteng Sao Paolo di ...
A. Banten
B. Malaka
C. Jakarta
D. Ternate
E. Makasar
UAS-SMA-13
Di bawah ini beberapa hal yang dianggap positif dari tindakan Rafles ketika berkuasa di Pulau Jawa dan sekitarnya, kecuali ...
A. dihapuskannya perbudakan
B. menghapus pelayanan Hongi
C. dihapuskannya pembayaran pajak hasil bumi
D. melaksanakan Landrete Stelsel
E. menghapuskan sewa tanah
UAS-SMA-14
Raja Bone yang membantu VOC untuk menyerang Makasar ...
A. AruPalaka
B. Sultan Hasanudin
C. Sultan Alaudin
D. Sultan Babullah
E. Sultan Haji
UAS-SMA-15
Akibat Amakurat I mengadakan perjanjian dengan VOC di Mataram telah menyulut pemberontakan seperti ...
A. pemberontakan Trunojoyo - Untung Suropati
B. pemberontakan Sultan Agung - Untung Suropati
C. pemberontakan Trunojoyo - Sultan Haji
D. pemberontakan Amangkurat II - Trunojoyo
E. pemberontakan Amangkurat II - Untung Suropati
UAS-SMA-16
Belanda setelah befhasil merebut daerah Batusangkar sebagai pertahanan ia mendirikan benteng ...
A. Sao Paolo
B. Vorde Kock
C. Van der Capelen
D. Duurstede
E. Stelsel
UAS-SMA-17
Untuk menguasai Aceh, pemerintah Belanda mendatangkan Dr. C. Snouck Hurgronye dengan tujuan ...
A. memimpin pasukan Belanda melawan rakyat Aceh
B. menyelami jiwa, adat istiadat, serta kehidupan
rakyat Aceh
C. melakukan pendekatan agama terhadap rakyat
Aceh
D. memata-matai rakyat Aceh yang anti Belanda
E. mengadakan politik adu doniba di kalangan rakyat
Aceh

UAS-SMA-18
Yang memperkuat lahirnya paham liberalisme, kecuali ....
A. Magna Charta
B. The Great Charter Libertis
C. Poor Law
D. Habeas Corpus Act
E. Bill of Right
UAS-SMA-19
Dalam kebebasan ekonomi Adam Smith mengorban-kan semboyan ...
A. Durch Blut und Eisen
B. Labertraum
C. L'etats C'es Moi
D. LaTsser Paire, Laissez Passer
E. Freternite, Egalite, Liberte
UAS-SMA-20
Perjuangan kaum sosialis akhirnya berhasil membuat hukum baru yang menyangkut hak-hak buruh seperti dilarangnya mempekerjakan anak berusia 9 tahun ke bawah, yang tertuang dalam ...
A. Poor Law
B. Reform Bill
C. Factory Act
D. Catholic Emancipation Bill
E. Magna Charta
UAS-SMA-21
Yang menjadi penyebab peperangan antara Rusia dan Jepangpada tahun 1905 ...
A. Rusia ingin menguasai pelabuhan Jepang
B. Rusia dan Jepang memperebutkan wilayah di Asia
C. Rusia dan Jepang memperebutkan semenanjung
Korea
D. Jepang menguasai wilayah Rusia
E. Rusia mengambil alih jajahan Jepang
UAS-SMA-22
Tokoh komunis Cina. dan mendirikan Republik rakyat Cina ...
A. Dr. Sun Yat Sen
B. Mao Zedong
C. Chiang Kai Sek
D. Hendry Puyi
E. Khubilai-Khan
UAS-SMA-23
Beberapa sebab bubarnya LBB di bawah ini kecuali …
A. tidak adanya mahkamah intemasional
B. Jerman membangun kembali angkatan perangnya
C. Italia menyerang Ethopia tahun 1936
D. Jepang menyerbu Manchcuria tahun 1931
E. Cina menyatakan diri keluar dari PBB

UAS-SMA-24
Paham Nasionalisme yang berlebihan dengan memandang rendah negara lain disebut ...
A. Chauvinism
B. Zelotisme
C. Naziisme
D. Herodianisme
E. Facisme
UAS-SMA-25
Pengertian Hak Veto ...
A. hak menginvasi negara yang dianggap membahaya
kan dunia
B. hak untuk mengembargo negara yang membahaya-
kan dunia
C. hak untuk membatalkan setiap keputusan Dewan
Keamanan PBB
D. hak untuk ikut serta dalam pasukan perdamaian
E. hak untuk ikut menjaga keamanan dunia
UAS-SMA-26
Nama badan PBB yang bertugas membantu mencapai perdamaian dunia, berusaha menghindari konflik serta menyelesaikan konflik-konflik ...
A. Majelis Umum
B. Dewan keamanan
C. Mahkamah Internasional
D. Sekretaris Jenderal
E. Dewan Penwalian
UAS-SMA-27
UNESCO merupakan organisasi pendidikan dan ilmu pengetahuan dan kebudayaan, berkedudukan di …
A. Jenewa Swiss
B. Roma Italia
C. Wina Austria
D. Paris Perancis
E. New York Amerika
UAS-SMA-28
Dalam menghadapi kolonialisme dan imperialisme beberapa negara yang menutup rapat-rapat bagi pengaruh barat, dinamakan ...
A. Chauvinisme
B. Facisme
C. Herodianisme
D. Nasiisme
E. Zelotisme
UAS-SMA-29
Tujuan Sarekat Dagang Islam (SDI) di bawah ini, kecuali …
A. memajukan perdagangan Bangsa Indonesia
B. memajukan kesejahteraan rakyat
C. memajukan pengajaran dan kegiatan untuk
meningkatkan derajat rakyat
D. menyaingi dan menghambat perdagangan dengan
orang Tionghoa
E. mengamalkan hidup menurut ajaran-ajaran Islam

UAS-SMA-30
Sekjen PBB yang ikut menyelesaikan masalah Terusan Suez ...
A. TryveUe
B. Dag Hamar Skjould
C. Vital
D. Kurt Waldheim
E. JavierPerezdeCueller
UAS-SMA-31
Pasukan Intemasional yang bertugas mengamankan hasil jejak pendapat di Timor-Timur ...
A. UNTAEF
B. UNAMET
C. UNHCR
D. UNTEA
E. INTERPET
UAS-SMA-32
Latar belakang dikeluarkan Komando Trikora oleh Presiden Soekarno ...
A. dipindahkannya ibu kota dari Jakarta ke
Yogyakarta
B. diadakannya Long March Jakarta – Yogyakarta
C. perebutan kembali wilayah Irian Barat dari tangan
Belanda
D. memperbaiki kehidupan ekonomi rakyat
E. pemulihan keamanan dalam negeri
UAS-SMA-33
Ciri perjuangan melalui gerakan nasional (1908-1945) yaitu ...
A. menggunakan organisasi modern yang teratur
B. perjuangan bersifat kedaerahan
C. mengandalkan alat-alat berat
D. mengandalkan pemimpin tradisional
E. kemerdekaan bukan tujuan utama
UAS-SMA-34
Dalam rangka mencari dukungan rakyat Indonesia, agar Jepang menang dalam perang Asia Timur Raya, Jepang melakukan hal-hal di bawah ini, kecuali ...
A. Gerakan 3A
B. diperbolehkan pendirian partai politik
C. dibentuknya putera
D. meraih pemimpin Islam dan MIAI
E. diperbolehkannya penggunaan bahasa Indonesia
UAS-SMA-35
Yang memanggil Ir. Soekarno – Hatta dan Rajiman ke Dalat Saigon ...
A. Imamura
B. PM Kaiso
C. Jenderal Terauchi
D. Laksamana Maeda
E. Kumakici Harada

UAS-SMA-36
Beberapa makna kemerdekaan, kecuali ...
A. berakhirnya perjuangan Bangsa Indonesia
B. lahimya bangsa dan Negara Indonesia
C. puncak pergerakan anti penjajahan
D. dimulainya pemerintahan baru di Indonesia
E. sumber hukum dari hukum kolonial ke hukum
nasional
UAS-SMA-37
Beberapa alasan belum stabilnya bangsa Indonesia pada awal kemerdekaan, kecuali …
A. pertentangan antar partai politik
B. terjadinya bentrokan antar etnis
C. gangguan dari pihak Belanda yang ingin berkuasa
kembali
D. munculnya kesulitan ekonomi dan keuangan
E. gagalnya upaya perbaikan ekonomi
UAS-SMA-38
Penyebab terjadinya perang dingin ...
A. Amerika maju karena paham liberalismenya
B. Uni Soviet maju karena paham komunisnya
C. Amerika dan Uni Soviet sebagai negara pemenang
dalam PD II
D. Amerika ingin menjadi negara terkuat di dunia
E. perbedaan faham ideologi yang dianut Amerika
dan Uni Soviet
UAS-SMA-39
Tujuan didirikannya Gerakan Non Blok ...
A. menjaga perdamaian dunia
B. mengimbangi kekuatan negara adidaya
C. menciptakan kesejahteraan dunia
D. menciptakan perdamaian agar tidak terlibat ke
dalam perang dingin
E. membentuk negara dunia ketiga
UAS-SMA-40
Yang dimaksud dengan latarbelakang sejarah yang sama dalam pembentuk ASEAN adalah ...
A. berasal dari ras dan suku yang sama
B. memiliki adat istiadat yang sama
C. berada dalam satu kawasan
D. sama-sama bekas negara jajahan
E. mempunyai tujuan dan paham yang sama
UAS-SMA-41
Negara yang terakhir masuk ke dalam keanggotaan ASEAN ...
A. Kamboja
B. Brunei Darussalam
C. Myanmar
D. Laos
E. Vietnam

UAS-SMA-42
Nama kelompok perdagangan bebas NAFTA khusus negara-negara di kawasan ...
A. Asia Pasifik
B. Eropa Barat
C. Amerika Utara
D. Amerika Selatan
E. Amerika – Asia Pasifik
UAS-SMA-43
Tujuan utama diadakannya "Jakarta Informal Meeting I" adalah ...
A. memecahkan masalah Kamboja
B. mengawasi penarikan tentara Vietnam di Kamboja
C. mengadakan gencatan senjata diantara pihak yang
bersengketa
D. mendukung perjuangan rakyat Kamboja
E. memberi bantuan persenjataan terhadap pejuang
Kamboja
UAS-SMA-44
Yang dimaksud dengan Kerjasama Utara – Selatan …
A. kerjasama antar blok barat dan blok Timur
B. kerjasama antar kapitalis dan sosialis
C. kerjasama antar imperials dan komunis
D. kerjasama antar negara maju dan miskin
E. kerjasama antar negara maju dan kaya
UAS-SMA-45
Tujuan Revolusi Hijau ...
A. menjaga agar hutan-hutan tidak punah
B. menjaga spesies hewan tidak punah
C. membuka lahan baru untuk pertanian
D. memperoleh bibit baru melalui penelitian
E. meningkatkan produksi pangan melalui cara
modem
UAS-SMA-46
Revolusi Hijau berhubungan erat dengan faktor-faktor di bawah ini, kecuali ...
A. keinginan untuk meningkatkan produksi pangan
B. pengaruh langsung dari revolusi industri
C. pengolahan sumber daya alam yang lebih optimal
D. terdapatnya pencemaran dan kerusakan lingkungan
E. peningkatan dan pemanfaatan sumber energi baru
UAS-SMA-47
Dari penggunaan bibit unggul banyak diperoleh melalui ....
A. perkawinan silang
B. pembibitan
C. pemupukan
D. pencangkokan
E. pembenihan
UAS-SMA-48
Yang tidak termasuk fungsi hutan ...
A. sebagai paru-paru dunia
B. sumber tumbuhan dan binatang
C. perbaikan aliran sungai
D. penanaman sejuta pohon
E. pencegahan kerusakan hutan

UAS-SMA-49
Untuk memenuhi produksi pangan secara mandiri, pemerintah menggalakan revolusi hijau dengan harapan ...
A. terjadinya pemerataan penduduk
B. mencegah urbanisasi
C. pemerataan pendapatan
D. swasembada pangan
E. pemerataan gizi masyarakat
UAS-SMA-5
Beberapa manfaat penerapan IPTEK, bagi kelestarian lingkungan di bawah ini, kecuali ...
A. perkembangan industrialisasi meningkat
B. pengelolaan sumber alam lebih optimal
C. pengembangan sumber daya alam lebih berkualitas
D. peningkatan dan pemanfaatan energi baru
E. menimbulkan pencemaran air, udara, tanah
Uraian / Essay
UAS-SMA-51
Sebutkan 4 latar belakang diadakannya politik tanam paksa
UAS-SMA-52
Jelaskan yang dimaksud Triple Aliansi dan Triple Entente!
UAS-SMA-53
Sebutkan 4 intruksi dari Ki Hajar Dewantara selaku menteri pendidikan!
UAS-SMA-54
Jelaskan tugas AFNEI di Indonesia!
UAS-SMA-55
Sebutkan 5 upaya dalam intensifikasi pertanian guna mempercepat swasembada pangan!


Ujian Akhir Sekolah
Tahun 2004
Sejarah

UAS-SMA-04-01
Salah satu persamaan antara pusat peradaban di Asia
dan Afrika dilihat dari segi letak geografis yaitu ...
. letaknya berada pada daerah lembah sungai
. letaknya berada pada wilayah pesisir pantai
. letaknya berada pada daerah daratan tinggi
. letaknya berada pada areal danau tua
. letaknya berada pada daerah pedalaman
UAS-SMA-04-02
Kitab suci penganut ajaran agama Hindu yaitu ...
. Panca Tantra
. Weda
. Tripitaka
. Sangka
. Tri Dharma
UAS-SMA-04-03
Salah satu contoh wujud akulturasi kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan Hindu-Budha di bidang seni bangunan antara lain ...
. Candi
. Waruga
. Dolmen
. Lingga
. Yoni
UAS-SMA-04-04
Salah satu media penyebaran agama Islam di Indonesia
yaitu ...
E. Pelayaran dan perdagangan
E. Transaksi agama
E. Pertukaran rempah-rempah
E. Pertemuan di pusat pelayaran
E. Komunikasi antar para pedagang
UAS-SMA-04-05
Motivasi kedatangan bangsa Eropa ke dunia timur dapat diungkapkan melalui slogan berikut mi....
. Vini,Vidi,Vici
. Liberte, Egalite, Franternite
. Gold, Gospel, Glory
. Kolonialisme, Imperialisme, Monopolisme
. Devide et Impera, Pak Medorlandica
UAS-SMA-04-06
Di bidang politik, sistem imperialisme yang diterapkan
oleh bangsa Eropa di Indonesia telah menimbulkan
akibat ...
E. Kemajuan kehidupan politik kerajaan nusantara
E. Runtuhnya sistem kerajaan
E. Tumbuhnya sistem demokratis
E. Memperkuat persekutuan antar kerajaan
E. Mendorong lahirnya Indonesia yang terintegrasi

UAS-SMA-04-07
Salah satu akibat Perang Dunia II bagi bangsa
Indonesia ialah ...
. Berakhirnya masa penjajahan oleh bangsa Belanda
. Berakhirnya masa pendudukan Jepang
. Berakhirnya kegiatan Pergerakan Nasional
. Berakhirnya pelaksanaan politik etis
. Berakhirnya sengketa antara Indonesia - Belanda
UAS-SMA-04-08
Budi Utomo disebut sebagai organisasi pelopor
Pergerakan Nasional, karena ...
E. Corak perjuangannya terorganisir dan sistematis
E. Kesadaran nasional tokoh-tokohnya sangat tinggi
E. Bersifat kompromi dengan kaum penjajah
E. Organisasinya didirikan oleh kaum terpelajar
E. Jasanya besar terhadap kemajuan politik Indonesia
UAS-SMA-04-09
Dampak pendudukan Jepang atas Indonesia, terutama
bagi organisasi Pergerakan Nasionai Indonesia, yaitu

. Semakin longgarnya aktivitas organisasi
pergerakan . Menambah tebalnya semangat anti Belanda . Pembubaran semua organisasi Pergerakan
Nasionai . Penghapus organisasi Pergerakan Islam . Membubarkan organisasi yang bercorak komunis
UAS-SMA-04-10
Arti penting kerjasama internasional dan peng-galangan kerjasama internasional yang dilakukan Indonesia pada awal kemerdekaan yaitu ... E. Realisasi politik mercusuar orde lama E. Mendapatkan dukungan atas kemerdekaan
Indonesia E. Ambisi politik para pemimpin Indonesia E. Mendorong bangsa Asia Afrika merdeka E. Agar mengalirkan bantuan ekonomi ke Indonesia
UAS-SMA-04-11
Tujuan pemberontakan G 30 S PKI di Indonesia ialah

. Mengamati ideologi dan pemerintahan yang sah
. Mewujudkan tatanan kehidupan Pancasila
. Memajukan kesejahteraan masyarakat
. Melanggengkan ideologi Pancasila
. Membantu memberantas penyelewengan

UAS-SMA-04-12
Sebab munculnya kekuatan adi kuasa pasca perang
dunia II ialah, kecuali ...
E. Ketidakseimbangan kekuasaan
E. Konflik ideologi
E. Kehancuran struktur ekonomi
E. Adanya perlombaan persenjataan
E. Keharusan sejarah
UAS-SMA-04-13
Dalam non blok X Indonesia berperan sebagai ...
. Penyelenggara KTT
. Ketua GNB
. Peserta aktif GNB
. Penumbuhan gagasan GNB
. Penentu putusan GNB
UAS-SMA-04-14
Tujuan pembentukan ASEAN ialah ...
E. Kerjasama milker
E. Kerjasama politik dan militer
E. Kerjasama informal militer
E. Kerjasama ekonomi, sosial, dan budaya
E. Kerjasama regional anti nuklir
UAS-SMA-04-15
Manfaat kerjasama regional dan global antara lain ...
. Mendorong tercapainya isolasi ekonomi
. Membuka isolasi politik internasional
. Menumbuhkan saling pengertian secara militer
. Menciptakan suasana dunia yang aman dan damai
. Menumbuhkan perekonomian negara maju
UAS-SMA-04-16
Revolusi hijau bertujuan untuk ... E. Menghasilkan jenis varietas baru tanaman E. Menemukan pola pemupukan yang efektif E. Menumbuhkan kesejahteraan para petani E. Melipatgandakan hasil pertanian E. Mendorong kemajuan perekonomian negara agraris
UAS-SMA-04-17
Yang tidak termasuk ke dalam ciri-ciri kehidupan masyarakat prasejarah masa berburu dan mengumpul-kan makanan adalah ...
. Berpindah tempat
. Tinggal di gua-gua
. Menggantungkan hidupnya pada alam
. Mengumpulkan makanan
. Hidup menetap dan memelihara hewan peliharaan
UAS-SMA-04-18
Beberapa peninggalan kebudayaan neolithikum di
bawah ini adalah ...
E. Kapak genggam, kapak persegi, pebble
E. Kapak genggam, kapak persegi, kapak lonjong
E. Kapak persegi, kapak lonjong, kapak bahu
E. Kapak persegi, kapak lonjong, pebble
E. Kapak persegu kapak bahu, pebble

UAS-SMA-04-19
Jenis manusia purba yang ditemukan Eugene Debois
tahun 1889 di TriniI Jawa Timur yaitu ...
. Megantropus paleojavanicus
. Pithecanthropus erectus
. Homosapiens
. Homo wajakensis
. Pithecantropus soloensis
UAS-SMA-04-20
Tembok raksasa Cina didirikan pada masa
pemerintahan dinasti ....
E. Ming
E. Han
E. Huang Hua
E. Tang
E. Chin
UAS-SMA-04-21
Kebudayaan Mesir Kuno mengalami kemajuan karena
didukung oleh faktor ...
. Letaknya di pinggir pantai
. Adanya sungai Nil
. Terdapatnya sungai Eufrat
. Berdekatan dengan benua Eropa
. Masyarakat telah maju
UAS-SMA-04-22
Raja Aswawarman dari kerajaan Kutai disebut juga
sebagai wamsakerta artinya ...
E. Putra mahkota Aswawarman
E. Pembentuk keluarga
E. Meluaskan wilayah kerajaan Kutai
E. Pendiri bangunan-bangunan suci di Kutai
E. Orang pertama yang mengajarkan Hindu
UAS-SMA-04-23
Salah satu dari Khulafaurasidin yang berjasa dalam
membukukan Al Quran adalah ...
. Usman bin Afan
. Abu Bakar
. Umar bin Khatab
. Alibin Abithalib
. Zaid bin Tsabit
UAS-SMA-04-24
Berdasarkan peninggalan prasasti yang tertua, raja
pertama yang memeluk Islam adalah ...
E. Sunan Malik Al-Saleh
E. Sultan Agung
E. Sultan Agung Tirtayasa
E. Sultan Malik Ibrahim
E. ZaidbinTsabit
UAS-SMA-04-25
Revolusi Perancis meletus sebagai akibatdari ...
. Tindakan raja,yang sewenang-wenang serta
penyalahgunaan kekuasaan . Kemenangan kaum kolonis di Amerika . Keinginan rakyat agar kekuasaan tidak berada di
satu tangan . Adanya kritikan dari Montesqu dan Voltaire . Tidak adanya hak warga di dalam pemerintahan

UAS-SMA-04-26
Orang Belanda pertama yang melakukan pelayaran ke
Indonesia dan mendarat di Banten adalah ...
E. Cornelis de Houtman
E. Johan van Oldenbarnevelt
E. RW. Daendels
E. J. van den Bosch
E. Baron van Hoevel
UAS-SMA-04-27
Alasan kerajaan Pajajaran meminta bantuan Portugis

. Pajajaran hendak meluaskan wilayah ke Demak
. Pajajaran ingin menyatakan kerajaan Hindu di
Nusantara . Pajajaran mendapat ancaman dari Malaka . Pajajaran ingin menguasai Malaka . Pajajaran merasa khawatir kalau Demak menguasai Sunda Kelapa
UAS-SMA-04-28
Salah satu peristiwa penting di dunia yang mendorong lahirnya pergerakan nasionalisme Indonesia adalah … E. Keberhasilan India mengusir penjajah Inggris E. Kemenangan Jepang atas Rusia Tahun 1905 E. Terjadinya revolusi Amerika E. Terjadinya revoiusi Perancis E. Pendudukan Jepang atas Korea
UAS-SMA-04-29
Politik Etis telah membawa kemajuan dalam bidang pendidikan mendorong tumbuhnya pergerakan nasional adalah gagasan dari ...
. Van de Venter
. Baron van Hoevel
. Edwar Do wes Decker
. Johan van Oldenbarnevelt
. Bronsh
UAS-SMA-04-30
Pemilihan umum pertama berhasil dilaksanakan pada
masa pemerintahan Kabinet ....
E. Syahril
E. Amir Syaripudin
E. AM Sastroamijoyo
E. Burhanudin Harahap
E. Djuanda
UAS-SMA-04-31
Tujuan pelaksanaan Konferensi Asia-Afrika adalah …
. Membangkitkan semangat perjuangan bangsa-bangsa di kawasan Asia-Afrika untuk menentang penjajah
. Memberikan bantuan kepada negara-negara di Asia-Afrika yang belum merdeka
. Menghindari pertikaian bangsa-bangsa di kawasan Asia- Afrika
. Menciptakan kawasan Asia-Afrika sebagai kawasan yang sama
. Membentuk kekuatan baru di Asia-Afrika mengimbangi Amerika dan Uni Soviet

UAS-SMA-04-32
Pengiriman misi Garuda pcrtama oteh Indonesia
ditujukan ke negara ...
E. Belgia
E. Mesir
E. Vietnam
E. Afganistan
E. Kamboja
UAS-SMA-04-33
Terusan Suez selalu menjadi tempat percaturan politik
dunia karena ...
. Letaknya yang berada di Benua Afrika
. Memiliki sumber alam yang melimpah
. Sebagai jalur penghubung antara dunia Barat dan
dunia Timur . Jalur pelayaran dan perdagangan yang ramai
sepanjang masa . Pusat scgala aktivitas perdagangan dunia
UAS-SMA-04-34
Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember 1957
menetapkan batas laut teritorial Indonesia sejauh ...
E. 9 mil
E. 10 mil
E. 11 mil
E. 12 mil
E. 13 mil
UAS-SMA-04-35
Setelah melalui perjuangan yang panjang akhirnya
Irian Barat kembali menjadi bagian wilayah bangsa
Indonesia pada tanggal ...
. 15 Januari l962
. 15 Agustus 1962
. 15 Januari l962
. 1 Mei l963
. 19 November 1969
UAS-SMA-04-36
Langkah pertama yang diambil pengemban Supersemar
dalam memelihara keamanan dan ketertiban di negara
kita adalah ...
E. Menyatakan negara dalam keadaan darurat
E. Menangkap para menteri yang terlibat komunis
E. Membubarkan PKI beserta ormas-ormasnya
E. Membentuk kabinet baru
E. Mengadili para tokoh G 30 S/PKI
UAS-SMA-04-37
Tujuan utama dari gerakan PKI adalah ... . Menghancurkan lawan-lawan politiknya . Mengacaukan kekuatan lawan dari dalam . Mengganti dasar negara Pancasila dan UUD . Menyempurnakan pemerintahan Indonesia . Memberantas terhadap penyelewengan di tubuh TNI-AD

UAS-SMA-04-38
Dampak perang dingin bagi Indonesia adalah ...
E. membentuk kekuatan baru di Asia
E. mendirikanASEAN sebagai kekuatan politik
E. C ikut memprakarsai berdirinya GNB
E. munculnya para komunis
E. dilarang hidupnya partai komunis
UAS-SMA-04-39
Di bawah ini beberapa tokoh pendiri gerakan non blok, kecuali ...
. Josep B
. Gamal Abdul Nasser
. Jawaharlal Nehru
. Adam Malik
. Kwame Nkruman
UAS-SMA-04-40
Beberapa tokoh kulit hitam yang melakukan
perlawanan alas dibcrlakukannya politik Apartheid di
bawah ini, kecuali ...
E. Desmon Tutu
E. Mongonsuthu Buthelezi
E. Nelson Mandela
E. Raja Zulu
E. Winni Mandela
UAS-SMA-04-41
Dampak negatif adanya kemajuan ilmu pengetahuan
dan teknologi adalah ...
. Usia tanaman pada lebih singkat
. Pemberantasan hama yang lebih efisien
. Adanya limbah yang diakibatkan oleh industri
. Adanya pupuk buatan yang jauh lebih murah
. Adanya bibit unggul yang tahan hama
UAS-SMA-04-42
Salah satu alasan bangsa Indonesia menerima
penghargaan dari FAO tahun 1988, karena Indonesia

E. Mempelopori adanya Revolusi Hijau
E. Mampumenerapkan Revolusi Hijau
E. Menemukan bibit unggul tahan hama
E. Penemuan alat pertanian yang canggih
E. Mampu mengekspor berat ke luar negeri
UAS-SMA-04-43
Beda antara masyarakat agraris dan industri yaitu ...
. Masyarakat industri sangat ekslusif
. Masyarakat agraris sangat dinamis
. C Masyarakat agraris secara sosiologis kurang
dinamis . Masyarakat industri sangat tergantung pada alam . Masyarakat industri umumnya sangat bersifat
tertutup

UAS-SMA-04-44
Salah satu keberhasilan pembangunan sektor industri,
yaitu ...
E. Tingkat relokasi industri semakin meningkat
E. Pencemaran lingkungan semakin parah
E. Berubahnya iahan pertanian menjadi kawasan
industri E. Komunikasi barang dan jasa meningkat E. Pendapatan per kapita masyarakat meningkat
UAS-SMA-04-45
Jerman Timur setelah dipimpin oleh Egonkrenz telah membawapengaruh besar karena ...
A. Mengadakan pemilihan umum untuk pertama
kalinya di Jerman Timur
B. Membuat tembok Berlin yang membagi dua kota
Jerman
C. Menanamkan faham komunis
D. Telah membantai dua ratus orang Jerman Timur
dan menyerang Jerman Barat
E. Telah memberikan gagasan agar Jerman
reunifikasi
ESSAY
UAS-SMA-04-46
Ada empat teori(hipotesa) masuknya budaya Hindu ke Indonesia. Sebutkan!
UAS-SMA-04-47
Sebutkan empat butir hasil keputusan Konferensi Meja Bundar!
UAS-SMA-04-48
Sebutkan 4 dari 6 agenda reformasi yang disuarakan oleh mahasiswa!
UAS-SMA-04-4*
Sebutkan 4 fakta pertahanan Blok Barat!
UAS-SMA-04-50
Sebutkan 4 usaha pokok dalam meningkatkan produksi pangan dan produksi pertanian di Indonesia!


Ujian Akhir Sekolah
Tahun 2005
Sejarah

UAS-SMA-05-01
Proses pengumpulan data dalam sejarah disebut ...
A. historiografi
B. heuristik
C. karakteristik sejarah
D. periodisasi sejarah
E. penelitian sejarah
UAS-SMA-05-02
Di bawah ini terdapat pembagian zaman sejarah yaitu:
a. Zaman Pra-Sejarah (belum mengenal tulisan).
b. Zaman Sejarah (sudah mengenal tulisan).
Pembagian zaman sejarah secara umum tersebut
temasuk ke dalam ....
A. fungsi sejarah
B. hakikat sejarah
C. periodisasi sejarah
D. pengertian sejarah
E. penulisan sejarah
UAS-SMA-05-03
Suatu kebudayaan yang tersebar di suatu daerah tertentu dan diwariskan secara turun-temurun secara tradisional baik dalam bentuk lisan, cerita, kisah, adat-istiadat, pengetahuan disebut ...
A. hikayat
B. mitos
C. folklore
D. tambo
E. legenda
UAS-SMA-05-04
Sejarah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia sebab ...
A. pelaku dan obyek penelitian sejarah adalah
manusia
B. sejarah tidak akan pemah berhenti dari kehidupan
manusia
C. sejarah mempelajari peristiwa pada masa lampau
manusia
D. sejarah terjadi dan berkembang di sekitar
kehidupan manusia
E. sejarah merupakan alat untuk mengenang
kehidupan manusia

UAS-SMA-05-05
Di bawah ini terdapat ciri-ciri kehidupan pada zaman Pra-Sejarah:
a. Bercocok tanam
b. Beternak
c. Menangkap ikan
d. Membuat wadah dari gerabah
e. Hidup menetap
f. Membuat rumah panggung
Ciri-ciri kehidupan tersebut termasuk ke dalam ...
A. masa food producing
B. masa transisi
C. masa awal kehidupan manusia Pra-Sejarah
D. zaman perkembangan kehidupan dan peradaban
masyarakat
E. masa food gathering
UAS-SMA-05-06
Berikut ini adalah peninggalan-peninggalan kebudayaan pada masa lampau:
a. Menhir, suatu bentuk tugu batu tempat memuja
dan mendatangkan roh nenek moyang.
b. Dolmen, sebuah meja batu tempat sesaji.
c. Keranda, peti jenazah terbuat dari batu.
d. Kubur batu, area nenek moyang.
e. Punden berundak-undak, bangunan suci tempat
pemujaan yang terbuat dari batu dan bertingkat-
tingkat.
Hasil-hasil terpenting kebudayaan ini merupakan peninggalan pada zaman ...
A. palaeolithikum
B. mesolithikum
C. neolithikum
D. zaman perunggu
E. megalithikum
UAS-SMA-05-07
Proses Hinduisasi melahirkan aturan pembagian kasta. Aturan kasta tersebut tidak banyak mempengaruhi tata kehidupan di daerah Indonesia di pedesaan sebab ...
A. masyarakat di daerah pedesaan tetap hidup
berdasarkan asas kekeluargaan, gotong-royong,
musyawarah, dan mufakat
B. masyarakat di daerah pedesaan hidup berdasarkan
kasta
C. masyarakat di daerah pedesaan hidup menurut pola
kepribadian budaya bangsa sendiri
D. masyarakat di pedesaan tidak terpengaruh
kebudayaan Hindu-Buddha
E. masyarakat di pedesaan memang berperan dalam
masuknya budaya India

UAS-SMA-05-08
Unsur-unsur budaya Hindu dan Buddha mempengaruhi berbagai bidang kehidupan bangsa Indonesia'yaitu, kecuali ...
A. bidang politik/pemerintahan
B. bidang ekonomi
C. bidang sosial dan seni budaya
D. bidang agama
E. bidang kemanusiaan
UAS-SMA-05-09
Di bawah ini terdapat fungsi candi:
a. Menyimpan abu jenazah.
b. Tempat pemujaan.
c. Penuntun bagi para biksu menurut ajaran
Mahayana.
d. Tempat pengampunan dosa.
e. Taman wisata.
Yang tidak termasuk fungsi candi ialah ...
A. a
B. b
C. c
D. d
E. e
UAS-SMA-05-10
Dalam pertengahan abad ke-17 terdapat 4 kerajaan besar di Nusantara yaitu:
a. Aceh - Sultan Iskandar Muda (1607 – 1636).
b. Mataram – Sultan Agung (1623 – 1645).
c. Banten - Sultan Agung Tirtayasa (1650 – 1682).
d. Makasar - Sultan Hasanuddin (1650 – 1669).
Peranan kerajaan-kerajaan Islam tersebut di atas pada
abad ke-17 adalah, kecuali ....
A. pusat perdagangan dan pusat penyebaran Islam
B. merupakan kerajaan maritim yang menguasai laut
di perairan Nusantara
C. merupakan kerajaan-kerajaan nasional di
Nusantara yang merdeka dan berdaulat
D. merupakan kerajaan-kerajaan Islam yang
mendukung imperialisme dan kolonialisme Barat
E. merupakan potensi kekuatan untuk menentang
ekspansi bangsa Eropa
UAS-SMA-05-11
Bentuk-bentuk eksploitasi pada masa imperialisme kolonialisme barat:
a. Cultur Stelsel (aturan tanam paksa).
b. Sistem pemberian prosentase (cultur procenten).
c. Berbagai pungutan pajak.
d. Berbagai bentuk kerja rodi.
Terjadi pada periode kekuasaan ...
A. Persekutuan dagang Hindia Timur (Cove), 1602 –
1779
B. Persekutuan dagang Inggris di India (E.I.C), 1811
– 1816
C. GubernurJenderal Van den Bosch, 1830 – 1870
D. Liberalisme dan Politik Ethis di Indonesia (sejak
1870)
E. Zaman pendudukan Jepang, 1942 – 1945

UAS-SMA-05-12
Pada tahun 1511 armada Portugis berhasil merebut kota Malaka, di bawah pimpinan ...
A. Christofer Columbus
B. Magelhaens
C. Fransiscus
D. Albuquerquer
E. Cornelis de Houtman
UAS-SMA-05-13
Perlawanan Banten terhadap Belanda semakin meningkat pada tahun 1651, di bawah pimpinan ...
A. Hasanuddin
B. Sultan Ageng Tirtayasa
C. Sultan Agung
D. Sultan Hairun
E. Sultan Iskandar Muda
UAS-SMA-05-14
Lahimya Budi Utomo pada tanggal 20 Mei 1908,tidakterlepasdariperistiwa luar biasa yang terjadi di Asia, yaitu ...
A. Kemenangan Jepang atas Rusia
B. Perang Jepang-Korea
C. Perang Cina-Jepang
D. Perang Dunia I
E. Perang Asia Timur Raya
UAS-SMA-05-15
Partai-partai politik di Indonesia yang berdiri sebelum kemerdekaan:
a. Parindra (Partai Indonesia Raya).
b. PNI (Partai Nasional Indonesia).
c. PARKI (Partai Kebangsaan Indonesia).
d. PRN (Partai Rakyat Indonesia).
e. PIR (Persatuan Indonesia Raya).
Apakah yang menjadi dasar dari partai-partai tersebut
...
A. Dasar Ketuhanan
B. Dasar Kebangsaan
C. Dasar Marxisme
D. Dasar Sosialis
E. Dasar Sosial-Budaya
UAS-SMA-05-16
Dari pernyataan di bawah ini di antaranya merupakan tokoh "Tiga Serangkai" yang mendirikan Indische Partij.
a. Sutomo
b. Douwes Decker
c. Dr. Wahidin Sudirohusodo
d. Ki HajarDewantara
e. Dr. Cipto Mangunkusumo
Sebutkan nama tokoh tiga serangkai tersebut ...
A. e, a, c
B. a, b, c
C. d, b, a
D. b, d, e
E. c, b, a

UAS-SMA-05-17
Gerakan 3-A dipimpin oleh ...
A. Ir. Sukarno
B. Drs. Mochammad Hatta
C. Amir Syarifuddin
D. Mr. Syamsudin
E. K.H. Mas Mansyur
UAS-SMA-05-18
Jepang bersikap longgar terhadap umat Islam Indonesia, sebab ...
A. masyarakat Islam Indonesia bersikap antibarat
B. agama Islam dipandang sejalan dengan ajaran
Shintoisme
C. mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam
D. agama Islam dianut oleh seluruh bangsa Indonesia
E. Jepang tertarik dengan agama Islam
UAS-SMA-05-19
Diplomasi yang pernah dihasilkan antara RI dan Belanda adalah perjanjian-perjanjian sebagai berikut.
a. Perjanjian Linggarjati
b. Perjanjian Renville
c. Perjanjian Rum Royen
d. Perjanjian antar-Indonesia
e. Konferensi Meja Bundar
Masalah Irian Barat timbul dari perjanjian ...
A. a
B. b
C. c
D. d
E. e
UAS-SMA-05-20
Periode 4 Agustus s.d. 21 Januari, Negara Republik Indonesia berbentuk negara Serikat (Republik Indonesia Serikat) dengan sistem pemerintahan parlementer. Kepala negara Ir. Sukarno sedangkan kepala pemerintahannya, adalah ...
A. Mochammad Hatta
B. Amir Syarifuddin
C. Mochammad Natsir
D. Ali Sastroamijoyo
E. Sutan Syahrir
UAS-SMA-05-21
Sistem perekonomian Indonesia pada periode 1945 – 1952, adalah "Ekonomi Dualistik." Yang dimaksud dengan "Ekonomi Dualistik" adalah ...
A. sistem sosialisme diberlakukan dengan
nasionalisme perusahaan-perusahaan swasta
Belanda
B. sistem kapitalisme warisan Belanda dengan
didominasi perusahaan-perusahaan swasta Belanda
C. diberlakukan dua sistem, yaitu sistem kapitalisme
Belanda dan sistem kapitalisme bangsa sendiri
D. sistem ekonomi campuran dengan sosialisme
demokrasi
E. di pedesaan berlaku sistem sosialisme tradisional,
di perkotaan berlaku sistem ekonomi kapitalisme
warisan Belanda

UAS-SMA-05-22
DI/TII, yang mengatasnamakan Islam dan akan mendirikan Negara Islam Indonesia di wilayah Republik Indonesia Serikat yang sah, jelas-jelas merupakan pemberontakan yang nyata karena mendirikan "negara" di dalam "negara'. Di bawah ini adalah tindakan yang menyimpang dari Kartosuwiryo dan DI/ TII, kecuali ...
A. membantu menyantuni orang miskin, menghormati
kesepakatan perjanjian Renville (RIS dan
Belanda), serta tunduk patuh dan menjaga
keutuhan kedaulatan negara RIS
B. banyak melakukan kekerasan dan memeras rakyat
C. menafsirkan Islam semaunya sendiri (Islam versi
Kartosuwiryo/Islam versi DI/TII)
D. meminta bantuan dana dari NEFIS (Dinas Rahasia
Belanda)
E. mengadakan hubungan dengan orang-orang
Belanda penyokong negara Pasundan
UAS-SMA-05-23
Gerakan pemberontakan APRA (1950) di Bandung dipimpin oleh Kapten Raymond Westerling, di bawah ini tujuan utama APRA, kecuali ...
A. ingin mengamankan kepentingan kolonialisme
Belanda di Indonesia
B. ingin mempertahankan bentuk negara federal di
Indonesia (RIS)
C. ingin mengamankan perusahaan-perusahaan
swasta Belanda yang ada di Indonesia
D. ingin mendirikan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI)
E. ingin mempertahankan tentara tersendiri di negara-
negara bagian Repubik Indonesia Serikat (RIS)
UAS-SMA-05-24
Dikatakan pemerintah orde baru menyimpang dari Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945 serta memakai sistem ekonomi kapitalisme yang sangat tidak adil, karena pada saat itu (1966 – 1998) pelaku ekonomi yang dominan adalah ...
A. BUMN menguasai lebih dari 70 % aset kekayaan
negara
B. Koperasi menguasai lebih dari 70 % aset kekayaan
negara
C. Koperasi dan BUMN menguasai lebih dari 70 %
aset kekayaan negara
D. Swasta menguasai lebih 70 % aset kekayaan
negara
E. Swasta, koperasi, dan BUMN memiliki aset
kekayaan yang sama
UAS-SMA-05-25
Kebijaksanaan ekonomi untuk meningkatkan pengusaha pribumi dan Tionghoa, disebut ...
A. Sistem Sosialis
B. Gunting Syahrudin
C. Gerakan Benteng
D. Sistem Ali Baba
E. Sistem Ekonomi Kapitalis

UAS-SMA-05-26
Program perjuangan orde baru sebagai berikut.
a. Memperbaiki kehidupan rakyat baik sandang
maupun pangan.
b. Melaksanakan pemilu.
c. Melaksanakan politik luar negeri bebas dan aktif.
d. Melanjutkan program anti-imperialisme dan
kolonialisme.
e. Menaikkan penghasilan rakyat.
Yang bukan termasuk perjuangan orde baru adalah ...
A. a
B. b
C. c
D. d
E. e
UAS-SMA-05-27
Pada era orde baru (1966 – 1998), walaupun secara formal memakai Pancasila, tetapi pada kenyataannya pada hakikatnya pada saat itu pemerintah memakai …
A. sistem ekonomi Pancasila
B. sistem ekonomi sosialisme liberal
C. sistem ekonomi kapitalisme kuno
D. sistem ekonomi sosialisme demokrasi
E. sistem ekonomi komunisme kuno
UAS-SMA-05-28
Presiden Sukarno tanggal 5 Juli 1959, mengeluarkan Dekrit Presiden. Isi dari Dekrit Presiden tersebut intinya adalah ...
A. Membubarkan DPR, UUD 1945 berlaku kembali,
membentuk MPRS dan DPAS
B. Membubarkan konstituante, UUD 1945 berlaku
kembali, membentuk MPRS dan DPAS
C. Membubarkan konstituante, UUD 1945 berlaku
kembali, membentuk MPRS dan DPAS
D. Membubarkan konstituante, UUD 1945 berlaku
kembali, membentuk DPAS dan DPRGR
E. E Membubarkan MPRS dan konstituante, UUD
1945 berlaku kembali, membentuk DPAS dan
DPRGR
UAS-SMA-05-29
Ekonomi terpimpin yang dilaksanakan padaperiode pemerintahan presidentil periode 1959 sampai dengan 1966, pada hakikatnya adalah sistem ekonomi …
A. Sosialisme Demokrasi
B. Sosialisme Liberal
C. Kapitalisme Modern
D. Sosialisme
E. Pasar bebas

UAS-SMA-05-30
Peristiwa yang hampir saja memancing terjadinya perang terbuka antara dua negara adikuasa selama berlangsungnya perang dingin adalah ...
A. dibangunnya pangkalan senjata nuklir di Kuba
oleh Uni Sovyet
B. perang saudara antara Vietnam Utara dan Vietnam
Selatan
C. pembagian Jerman menjadi empat daerah
pendudukan
D. pendudukan Amerika Serikat atas Korea Selatan
E. Penyerangan Amerika Serikat terhadap Jepang
UAS-SMA-05-31
Di bawah ini adalah sebagian dari isi piagam Dasa Sila Bandung, kecuali ...
A. menghormati kedaulatan dan integritas teritorial
semua bangsa
B. mengakui persamaan semua ras dan semua bangsa,
di antara negara-negara baik besar maupun kecil
C. tidak melakukan intervensi atau campur tangan
soal-soal dalam negeri negara-negara lain
D. tidak melakukan tindakan-tindakan ancaman-
ancaman agresi terhadap keutuhan wilayah dan
kemerdekaan negara lain
E. Irian Barat adalah bagian integrasi dari wilayah
Negara Kesatuan Republik Indonesia
UAS-SMA-05-32
Kerja sama bidang ekonomi negara-negara Eropa yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) terbentuk tanggal 25 Maret 1957 di kota …
A. Madrid (Spanyol)
B. Paris (Perancis)
C. Roma (Italia)
D. Vancouver (Canada)
E. London (Inggris)
UAS-SMA-05-33
Tujuan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika ialah ...
A. membangun kawasan Asia Afrika menjadi suatu
negara federasi
B. membangkitkan semangat perjuangan bangsa-
bangsa untuk menentang imperialisme dan
kolonialisme
C. untuk memberikan bantuan kepada bangsa-bangsa
Asia Afrika yang belum merdeka
D. menghindarkan terjadinya pertikaian antara
bangsa-bangsa di kawasan Asia Afrika
E. menciptakan kawasan Asia Afrika sebagai wilayah
yang aman dan tentram

UAS-SMA-05-34
Tujuan yang sebenarnya dibentuknya APEC adalah ...
A. untuk memenuhi ambisi negara-negara industri
maju menguasai perekonomian dunia
B. untuk menyaingi Masyarakat Ekonomi Eropa
(MEE)
C. menyatukan negara-negara dari 3 benua untuk
bersama-sama membangun blok ekonomi yang
kuat
D. upaya negara-negara industri maju untuk memaju-
kan perekonomian negara-negara ber-kembang
E. mempertinggi pemasaran basil industri negara-
negara maju
UAS-SMA-05-35
Gagasan Gerakan Non-Blok pertama kali muncul dalam konferensi yang dilangsungkan di kota ...
A. London
B. Paris
C. Luksemburg
D. Beograd
E. Roma
URAIAN
UAS-SMA-05-36
Sebutkan peristiwa-peristiwa pemberontakan pada periode tahun 1949 – 1950?
UAS-SMA-05-37
Bandingkan secara singkat tentang jalannya pemerintahan di Indonesia pada masa demokrasi liberal, demokrasi terpimpin, orde baru, dan pemerintahan sekarang, dilihat dari segi politik, ekonomi, sosial/budaya dan keamanan.
UAS-SMA-05-38
Jelaskan pengertian perang dingin!
UAS-SMA-05-39
Sebutkan sebab-sebab timbulnya perang dingin?
UAS-SMA-05-40
Uraikan secara singkat bagian mana saja (terserah Anda) dari materi sejarah SMA kelas 3, Semester 1 dan 2 yang Anda kuasai!


jawabannya cari ndiri ya anak2 ku...hehehehe...maaf...

Tidak ada komentar: